Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Fakta Unik Terbaru Tentang Matahari


Matahari atau Surya merupakan bintang yang berbentuk hampir bulat dan terletak di pusat sistem tata surya kita. Matahari terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu akibat peluruhan gravitasi suatu wilayah di dalam sebuah awan moleku besar. Secara kimiawi matahari terdiri dari tiga perempat terdiri dari hidrogen sedangkan sisanya terdiri dari helium. Matahari juga sangat diperlukan oleh manusia untuk kelangsungan hidup. Matahari juga memiliki ciri-ciri yang menarik dan mungkin belum kalian ketahui hingga saat ini. Berikut adalah fakta menarik tentang matahari. 


Fakta Matahari Menurut Ilmu Astronomi.


1. Matahari adalah bintang deret utama tipe G berdasarkan kelas spektrum yang terdiri sekitar 99,85% massa total tata surya.

2. Matahari dapat mengeluarkan korona yang panas di luar angkasa dan dapat menciptakan angin matahari.

3. Matahari terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu akibat peluruhan gravitasi suatu wilayah di dalam sebuah awan molekul yang besar.

4. Jarak bumi dan matahari sekitar 1 AU ( 149.6 juta kilometer).

5. Matahari memiliki massa 333.000 kali dari bumi. Inilah benda terbesar di tata surya kita.

6. Umur matahari sudah mencapai 4,5 miliar tahun lamanya. 

7. Untuk mencapai bumi, cahaya matahari membutuhkan 8 menit 20 detik. 

8. Gravitasi Matahari menjangkar bumi dan semua planet lain di ruang kecil yang disebut tata surya. 

9. Pusat di tata surya adalah matahari dan memiliki gravitasi 28 kali lebih kuat dari bumi, jika matahari tidak ada maka bumi akan bergerak lurus.

10. Matahari memancarkan sinar inframerah, cahaya tampak, dan sinar ultraviolet.

11. Semburan matahari atau suar matahari adalah ledakan di atmosfer matahari yang ledakannya sepuluh juta kali besar dari pada letusan gunung berapi. 

12. Alpha Centauri adalah bintang terdekat matahari yang berwarna merah redup yang terdapat rasi bintang centauri.

13. Prominensa atau bisa dikatakan dengan lidah api yang sangat besar dan terang yang keluar dari bagian permukaan. Prominensa terbesar yang pernah ditangkap oleh SOHO (Solar and Heliospheric Observatory) diestimasi berukuran dengan panjang 350 ribu km. 

14. Bintik matahari memiliki medan magnet yang sangat kuat, yang mencegah konveksi energi, dan dengan demikian menyumbang suhu yang lebih rendah. Bintik matahari memiliki daerah yang gelap yang disebut umbra, sedangkan daerah yang terang bernama penumbra. 

15. Warna matahari adalah semua warna yang bercampur, matahari tampak berwarna putih di mata kita.



16. Terbaru, NASA meluncurkan satelit Parker Solar Probe untuk mengetahui lebih banyak tentang matahari.


Fakta Matahari Bagi Manusia. 


17. Matahari dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga matahari yang ramah lingkungan karena tidak akan menimbulkan polusi udara, selain itu matahari adalah sebagai energi yang tidak akan habis. 

18. Matahari dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang secara alami, namun waktu yang digunakan sekitar pukul 7 sampai 8.30 pagi. 

19. Matahari dapat digunakan sebagai penerangan alami bagi manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

20. Pada saat gerhana matahari, ilmuan melarang setiap orang untuk melihat dengan mata telanjang pada fenomena tersebut, maka dari itu diperlukan kacamata khusus untuk melihat fenomena tersebut.  

Fakta Matahari Bagi Tumbuhan Dan Hewan.


21. Matahari memiliki peran dalam proses fotosintesis pada tanaman hijau yang nantinya juga menghasilkan oksigen yang berguna bagi manusia dan hewan.

22. Panas matahari digunakan untuk menghangatkan tubuh bagi hewan, seperti ular, kadal, burung dan masih banyak lagi.

Posting Komentar untuk "22 Fakta Unik Terbaru Tentang Matahari"