Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Planet Venus

Planet Venus

Tidak ada habisnya kita membahas hal tentang planet yang berada di luar angkasa yang sangat luas. Hal ini membuat peneliti atau astronom sangat tertarik untuk mempelajari atau ingin mengetahui apa saja yang terjadi di luar angkasa yang sangat luas ini. Tahukah kalian planet venus? Ya, tentu ini adalah tetangga planet kita yaitu bumi. Venus memiliki keunikan, yang menarik para astronom untuk menjelajahi dan meneliti. Para ilmuan dan astronom sudah banyak mengirim pesawat luar angkasa untuk menjelajah planet tersebut. Jika anda penasaran, langsung saja kita bahas fakta unik dan menarik tentang planet venus.


Fakta Unik


(1) Planet Venus merupakan planet yang menempati urutan ke 2 setelah merkurius atau sebelum planet bumi. Selain itu Venus adalah planet terbesar ke 6 di tata surya.

(2) Kalian pasti berfikir kalau planet merkurius adalah planet terpanas di tata surya, ternyata itu salah, bahwa planet terpanas di tata surya adalah venus. Suhu disini mencapai 456 derajat celsius.

(3) Venus adalah planet yang paling terang di tata surya kita. Jika kita melihat di langit pada malam hari, bulan dan venus memiliki cahaya terang yang jelas. Sehingga planet ini disebut bintang fajar atau bintang senja.

(4) Berbeda dengan bumi, venus berputar pada sumbunya dari timur ke barat yang mirip dengan arah rotasi uranus. Beda dengan bumi, jika kita berada di venus, maka matahari akan terbit dari arah barat. Namun kita tidak bisa melihat matahari jika berada di venus, hal ini dikarenakan ketebalan awan yang berada di venus.

(5) Cahaya dari matahari untuk bisa sampai ke venus membutuhkan waktu 6 menit.

Planet Venus

(6) Venus memiliki ukuran yang hampir mirip dengan bumi, maka dari itu venus dijuluki sebagai saudaranya atau kembaran bumi.

(7) keunikan planet venus adalah dimana memiliki orbit paling melingkar yang ada di tata surya.

(8) Venus tidak mengalami musim apapun, ini dikarenakan kemiringan sumbunya yang terbatas, yaitu 3 derajat. Selain itu, venus memiliki medan magnet yang jauh lebih lemah dari pada bumi.

(9) Venus dan merkurius adalah planet yang tidak memiliki satelit dan cicin.

(10) Venus disebut juga planet terestrial, seperti planet merkurius, bumi, dan mars.

(11) Diameter Planet Venus adalah 12.100 kilometer.

(12) Atmosfer venus sangatlah tebal, yang terdiri dari 96,5% karbon dioksida, 3,5% nitrogen beserta gas-gas lainnya. Selain itu atmosfer di planet venus memiliki tekanan 92 kali dari bumi. Untuk itu pesawat luar angkasa tidak akan lama-lama jika berada di planet venus.

(13) Ternyata permukaan venus sangatlah kering yang disebabkan banyaknya aktivitas vulkanik.

Planet Venus

(14) Permukaan venus tertutup dataran yaitu 65% dan 35% lainnya terdiri dari pegunungan.

(15) Venus memiliki lembah, dan ratusan gunung berapi yang lebih banyak dari planet lain di tata surya. Namun, Banyak planet di antaranya tidak aktif.

(16) Gunung tertinggi yang berada di venus adalah Maxwell Montes, yang memiliki ketinggian hampir sama dengan gunung everst di bumi.

(17) Venus telah dijelajahi oleh 40 pesawat luar angkasa, untuk mengumpulkan data yang ada dan sebagai penelitian bagi ilmuan.

(18) Pada tahun 1966, pesawat luar angkasa yang pertama mendarat di venus adalah Venera 3.

(19) Venus merupakan planet satu-satunya di tata surya yang diberi nama tokoh wanita atau perempuan, yatiu dewi cinta dan keindahan romawi.

(20) Venus memiliki hari terpanjang di planet manapun di tata surya. Dibutuhkan 243 hari bumi bagi venus untuk berotasi pada sumbunya dan dibutuhkan 225 hari bumi bagi venus untuk berrevolusi mengelilingi matahari.

(21) Ahli Geologi percaya, bahwa venus memiliki sumber air yang sangat besar di permukaannya.

(22) Misteri yang membuat para ilmuan adalah cahaya kelabu, yang menyelimuti pengamatan planet venus, pengamatan pertama kali pada tahun 1643.

Planet Venus

(23) Setelah menganalisis hasil foto yang dilakukan wahana luar angkasa Venera, ternyata astronom Leonid Ksanfomaliti menemukan objek yang menyerupai hewan di bumi yaitu kalajengking.

Posting Komentar untuk "23 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Planet Venus "